Mengenai Saya

Foto saya
anak tunggal yang bebas tapi bertanggung jawab

Minggu, 04 September 2011

Tipe pentil ban sepeda ( cara memompa ban fixie )

Perbedaan pentil sepeda
Tentu anda pernah mengingat bahwa pentil sepeda pada 25 tahun lalu bukan berbentuk seperti pentil sekarang ini. Bentuk pentil sepeda model lama lebih repot, mengunakan karet yang disusupkan kedalam lubang pentil ban sepeda. Ketika ban di isi dengan angin, maka karet akan membiarkan udara masuk, sekaligus menjaga angin dari dalam ban agar tidak keluar. Repotnya karet kecil yang digunakan sebagai katup menjadi usang seiring waktu. Tetapi itu jenis pentil ban sepeda dahulu, alias pentil jadul. Sekarang sudah berubah, umumnya ada 2 pentil sepeda yang digunakan untuk sepeda modern saat ini (diluar model ban tubeless).

Pentil ban dalam sepeda ada 2 versi yang umum digunakan di Indonesia. Paling banyak adalah pentil Presta, ukuran kepala kecil dan Pentil Schader dengan ukuran kepala besar. Perbedaan antara pentil sepeda kecil dan besar, memerlukan tip dan trik ketika memompa ban sepeda. Tidak heran beberapa penguna sepeda sempat bingung ketika pertama kali memompa ban sepeda dengan pentil kecil. Ketika sepeda baru digunakan, terkadang lupa model pentil yang dipakai. Ketika ban mulai kempes dan ingin mengisi angin, barulah si pemilik sepeda sadar dan bingung "loh pentil ban sepedanya berbeda dari pentil motor". Walaupun mulai bertanya kesana sini, akhirnya mengerti cara memasang pompa pada pentil kecil. Tetapi angin dari pompa tidak bisa masuk ke ban. Padahal ada cara teknik khusus untuk memompa ban dengan pentil kecil.

Dibawah ini informasi lebih lanjut tentang perbedaan dari pentil ban sepeda di Indonesia. Dan cara pemasangan adaptor untuk pentil kecil dengan pompa pentil besar

Ada 2 jenis pentil sepeda secara umum, Yaitu pentil versi Presta umumnya digunakan di Eropa memang dirancang khusus untuk ban sepeda, dan satu lagi tipe Schrader disebut juga ANSI mengikuti standar Amerika. Gambar dibawah ini adalah bentuk dari pentil sepeda besar dan kecil atau dikenal dengan Presta dan Schrader.




Keterangan jenis pentil ban dalam sepeda.

1. Pentil jenis Schrader sama seperti pentil yang digunakan untuk kendaraan bermotor. Bahkan format Scharder digunakan juga untuk katup bagi shockbraker air / angin. Mengunakan sistem per sebagai penahan angin pada katup. Pentil jenis Schrader atau pentil besar umumnya lebih mudah kempes, dan ban sepeda harus di pompa kembali secara berkala. Keuntungan, banyak dipakai karena dirancang untuk kendaraan bermotor. Pentil Schrader umumnya baik digunakan untuk rim atau velg sepeda berukuran lebar seperti velg motor dan mobil. Tetapi sudah banyak digunakan untuk ban sepeda. Keunggulan dari pentil Schader, ketika mengisi angin. Hanya sedikit angin yang keluar dari pentil, dan tekanan pada per akan dilakukan oleh katup pompa.
2. Pentil sepeda Presta. Pentil ini memanfaatkan sistem tekanan angin sendiri pada valve dan dirancang khusus sebagai pentil sepeda. Katup atau valve pentil akan terangkat dan tertutup ketika tekanan ban. Selisih antara tekanan udara luar dan dalam membuat valve pada pentil terbuka dan tertutup. Untuk mengunci, pentil Presta tidak mengunakan per. Tetapi mengunakan sistem baut untuk menutup ban secara manual agar katup tertutup lebih kuat. Kelemahan pada Presta, ketika ingin mengisi ban dalam setidaknya harus ada angin yang keluar dari ban. Karena tidak mengunakan per dan pentil harus ditekan sebelum memasukan angin kedalam ban. Keuntungan, lebih nyaman pada velg atau rim sepeda berdinding sempit / langsing.

Bagaimana cara memompa ban sepeda pentil kecil atau jenis Presta

1. Buka tutup pentil ban
2. Buka bagian baut atas seperti gambar dibawah ini dan putar pengunci pentil berlawanan arah jarum jam.
3. Putar baut sampai naik keatas
4. Lalu tekan bagian tutup baut tersebut sedikit saja sampai terdengar udara keluar. (Untuk menurunkan katup pentil sehingga terbuka)
5. Masukan mulut pompa Presta (posisi tidak terkunci
6. Tekan pengunci mulut pompa, ban siap diisi dengan pompa.



5 komentar:

  1. untung aja, kalo ga baca ini mati gaya lah gw. Ban 700 x 23c fixie cuma kempes doang

    BalasHapus
  2. Apakah bisa katup pentil presta yg patah bisa di ganti

    BalasHapus
  3. Nama alat yg untuk memompa ban, yg dimasukkan kepentil ban itu apa namanya ya?

    BalasHapus