Mengenai Saya

Foto saya
anak tunggal yang bebas tapi bertanggung jawab

Minggu, 04 September 2011

Tentang steak

Masakan Steak ada banyak sekali ragamnya. Bila steak daging babi atau kambing biasanya bukan disebut steak tetapi chop. Misalnya pork chop and apple sauce dan lamb chop mint sauce untuk daging kambing. Tetapi daging paha babi asap atau ham bila dipotong setebal kurang lebih satu inch disebut Ham Steak biasanya disuguhkan dengan nenas dan dioles dengan madu dan disebut Honey Glazed Ham Steak Hawaian Style.

Di Jakarta, paha dan dada ayam yang dibarbeque atau dipanggang arang disini disebut chicken steak. secara international, chicken steak belum dikenal. Mari kita kembali dengan berapa macam steak yang ada? Oke marilah kita bicara tentang kualitas daging beef untuk steak dahulu. Pertama yang paling terkenal ialah US Beef lalu NZ Beef, lalu Australian Beef dan terakhir Local Beef yang walaupun murah tidak dijamin rasanya, harumnya dan apalagi tingkat keempukannya. Yang nilai dan harganya paling tinggi di dunia ialah Kobe Beef dari Jepang karena diproduksi secara khusus dan dijamin enak dan empuk.

Adapun jenis2 steak kurang lebih antara lain sebagai berikut:
1. Fillet Mignon Steak (dibaca fille minyong) yaitu daging khas dalam yang dibalut pinggirnya dengan bacon
2. Chataubriand (dibaca catobiriang) yaitu steak yang juga daging khas dalam tetapi diambil hanya bagian kepala atau bagian atasnya saja. Satu porsi chataubriand ini biasanya dipotong menjadi 2 atau bila terlalu besar bisa menjadi 4 porsi.
3. Fillet atau Tenderloin steak. Daging steak khas dalam biasa
4. Porterhouse Steak. Seperti T-bone steak tetapi daging khas dalam dan khas luar atau sirloinnnya hampir sama besarnya
5. T-Bone Steak. Steak potongan iga dengan tulang bentuk T dengan bagian khas luar lebih besar dari bagian khas dalamnya.
6. Scotch steak
7. Rib eye Steak
8. Minute Steak, daging khas dalam yang dipotong agak tipis dengan porsi tidak lebih dari 100 gram.
9. Sirloin steak, daging steak khas luar
10. Rump steak, dagingnya wangi tetapi agak kurang empuk
11. US Roast Prime Rib, daging US bagian rusuk yang dipanggang lalu diiris sesuai keinginan.
12. Veal loin steak, steak dari daging sapi muda.
13. Wienner schnitzel, daging sapi muda dilapis dengan bread crumbs lalu di grill setelah didalamnya diisi irisan keju dan disuguhkan dengan telur sebuah mata sapi 3/4 matang. (Fried Egg Sunny Side Up).
14 Hamburger Steak, steak daging giling.
15 Tartar Steak, daging sapi giling diberi bumbu dan wine lalu disuguhkan mentah
16. Beef Kabob, yaitu daging sapi dipotong dadu besar lalu ditusuk di besi panjang sering diantara daging diberi green pepper, potongan tomat, jamur dan bawang bombay lalu dipanggang diatas arang.

Khusus daging beef steak biasanya ketebalannya sekitar 1 inch dengan berat perporsi sekitar 100 s/d 300 grams. Dimasaknya biasanya di grill atau dibakar diatas arang atau barbeque. Untuk daging barbeque biasanya disuguhkan dengan kentang panggang dalam alumunium foil, chilli beans dan corn on the cob atau jagung dengan tongkolnya. Grilled Steak biasanya disuguhkan dengan french fries, chilli beans atau pinto beans, corn kernel ditambah sayuran hijau seperti brussel sprout atau broccoli, green beans atau green peas.

Steak tadi juga biasanya dimakan dengan sauce barbeque atau sering juga dengan fruit sauce dan sauce Inggeris atau Worchestershire Sauce. Khusus Ham Steak sering disuguhkan dengan pineapple sauce dan wortel rebus yang diolesi madu. Bebek panggang biasanya disuguhkan dengan orange sauce, ayam dan kalkun atau turkey dengan cranberry sauce sedang ikan dengan tartar sauce.

Sedang tingkat kematangannya, orang Texas biasanya sangat menyukai daging steak dimasak very rare atau setengah mentah. Jadi tingkat kematangan steak ialah sbb:
- very rare
- rare
- medium rare
- medium
- medium well
- well done

Orang Amerika jarang makan steak yang dimasak well done karena dianggap flavornya berkurang, juicenya kering dan sudah agak alot. Kalo orang kita biasanya seneng yang well done atau bisa kita sebut daging empal heheheh.

Untuk meningkatkan libido steak yang medium atau rare lumayan ampuh. Tetapi bagaimanapun jangan terlalu sering makan daging steak karena selain mengadung LDL cholesterol juga homocystein yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Bisa meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Lebih baik banyak makan ikan yang sehat. Selain lebih murah juga lebih sehat dan menyehatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar